Jumat, 24 Mei 2019

Peran Endorser Celebrity

 Endorser Celebrities





Endorsement adalah saluran komunikasi merek di mana selebritas bertindak sebagai juru bicara merek dan mengesahkan klaim dan posisi merek dengan memperluas kepribadian, popularitas, statusnya dalam masyarakat atau keahlian di bidangnya ke merek. Di pasar dengan proliferasi merek lokal, regional dan internasional yang sangat tinggi, dukungan selebriti secara tradisional dianggap memberikan perbedaan yang berbeda.

Menggunakan selebriti sebagai endorser memiliki keuntungan yaitu dari segi publisitas dan kemudahan mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Seseorang yang sangat terkenal dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan segmen yang besar dari terget audience. Daya tarik dan nama baik dari seorang selebriti dapat digunakan oleh pemasar untuk membentuk citra yang posotif terhadap produk. Penggunaan selebritis juga bisa merubah anggapan konsumen tentang cita produk yang jelek, dengan melekatkan citra yang baik dari seorang selebritis tersebut.


Endorser adalah seorang pribadi baik itu aktor, artis maupun atlit yang sangat dikenal publik dan menjadi pujaan yang digunakan dalam menyampaikan pesan iklan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen sasaran (shimp, 1997:282).

Selebritis sebagai endorser diyakini mampu mempengaruhi pembentukan citra produk dalam benak konsumen. Hal ini disebabkan karena seorang selebritis mampu menjadi panutan yang bisa dicontoh oleh masyarakat.



Pertimbangan dalam memilih selebriti sebagai endorser untuk perusahaan maupun sebagai ambasador suatu kita atau daerah :

    a. Kredibilitas selebritis (credibility), yaitu menyangkut tingkat pengetahuan terhadap produk atau keahlian dan obyektifitas dari sang selebritis, keahlian merujuk pada pengetahuan si selebritis terhadap produk, sedangkan obyektifitas merujuk pada kemampuannya menarik rasa percaya diri audience.
      b. Kepopuleran selebriti (visibility), yaitu menyangkut seberapa populer selebriti tersebut dikalangan masyarakat. Seorang selebriti yang tenar akan mudah untuk mengundang perhatian masyarakat sehingga sangat menguntungkan apabila menggunakan selebriti tersebut untuk menjelaskan citra produk.

      c. Attraction dan Power, yaitu menyangkut daya tarik seorang selebriti sebagai endorser. Daya tarik ini menyangkut dua hal yaitu tingkat disukai audience (likability) dan tingkat kesamaan dengan personality yang diinginkan pengguna produk (similiarity). Likability dan similiarity ini tidak bisa dipisahkan dan harus ada secara berdampingan. Disukai saja tetapi tidak sama dengan diri si pengguna produk tidak akan mendorong audience untuk membeli atau berkunjung ke suatu kota.
      Infomersial adalah teknik periklanan yang biasanya diproduksi dan dibayar oleh perusahaan yang ingin mempromosikan produk dan layanannya. Efek dari infomersial, begitu mereka mencapai target pasar, telah cukup sukses dan begitu persuasif di sebagian besar negara. Saat ini sebagian besar selebritas tertarik untuk mengesahkan produk yang mereka bayar sejumlah besar uang. Perusahaan menaruh banyak uang dalam bermitra merek mereka dengan kualitas seperti daya tarik, keramahan, dan ketergantungan.

      Misalkan sebagai permulaan, pelanggan mendapatkan pemenuhan tertentu untuk produk yang didukung oleh selebriti favorit mereka. Beberapa hanya akan memilih untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang didukung oleh selebriti. Karena alasan inilah sebagian besar perusahaan saat ini percaya bahwa pengesahan produk mereka oleh selebritas terkenal akan membantu menjual barang dan jasa mereka.

      Dukungan selebriti digunakan oleh banyak bisnis dari segala bentuk dan ukuran sebagai strategi pemasaran. Sementara beberapa kritik menyatakan bahwa mereka memiliki sedikit dampak positif pada penjualan bisnis, atau iklan sedangkan yang lain menyatakan bahwa dengan menggunakannya, manfaat yang dapat dinikmati perusahaan tidak terhitung jumlahnya.

      Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan dukungan selebriti sebagai strategi pemasaran untuk produk atau layanan Anda.

      Meningkatkan kredibilitas bisnis

      Perusahaan menikmati peningkatan kredibilitas dengan memilih dan mendukung selebritas yang tepat untuk produk mereka. Selebriti memiliki ceruk khusus mereka yang berkisar dari musik dan film, kebugaran, mode, olahraga, dll. Oleh karena itu, sebagai bisnis, Anda harus mengambil keuntungan dari ini dan menyewa seorang selebriti yang spesialisasi sesuai dengan produk atau layanan yang Anda cari. mengesahkan. Misalnya, pelatih kebugaran atau penulis akan bekerja dengan baik untuk mendukung produk atau layanan kesehatan dan kebugaran.

      Memanfaatkan kekuatan produk khusus
      Jadi perhatikan bahwa pelanggan akan mengambil bisnis dan produk Anda lebih serius jika selebriti yang tepat mendukung produk Anda.

      Membanggakan kesadaran merek bisnis

      Tanpa ragu, selebritas pandai berjejaring, dan mereka juga menikmati akses mudah ke jaringan luas. Ini adalah orang-orang yang suka memotret yang sering tersebar di berbagai majalah, blog, media sosial, dll. Karena itu, menggunakan selebriti terkenal akan secara signifikan meningkatkan merek Anda di pasar sasaran Anda dan di luarnya.

      Dalam hal ini, memilih seorang selebritas untuk mendukung produk Anda bisa jadi sangat bagus karena ini akan memberikan produk Anda terekpos dengan baik di seluruh pasar. Misalnya, jika Anda merancang dan mensual brand suatu daerah atau kota tertentu dan seorang selebriti terlihat sebagai endorser di kota tersebut, maka penggemar selebrity tersebut akan morass tartarik, serta mudah tersebar di seluruh penjuru kalangan masyarakat, sehingga kota tersebut akan semakin bank pengunjung yang datang. Dengan demikian sasaran pemasaran atau image sautu daerah semakin mudah dikenal. Sebelum Anda menyadarinya, calon pelanggan akan menelepon, men-tweet, dan mengirim pesan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan bagaimana mereka bisa mendapatkannya. Pada akhirnya, ini berkaitan dengan peningkatan kesadaran merek serta peningkatan penjualan.

      Alat promosi hebat

      Dukungan selebriti cenderung menambah nilai yang signifikan untuk PR perusahaan karena dengan cepat menarik perhatian paparazzi dan media pada umumnya. Sebagai sebuah bisnis, taktik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda adalah dengan mengajak seorang selebritas untuk membicarakannya. Ketika seorang selebriti melakukan ini, produk Anda akan menerima hype media dan banyak perhatian dari masyarakat umum. Tanpa semua ini, perusahaan Anda berisiko tinggal dalam bayang-bayang dan kehilangan penjualan yang sangat menguntungkan.


      Implikasi pemasaran dari Dukungan Selebriti

      Pengesahan selebritas memberikan alternatif untuk iklan kreatif. Di mana iklan kreatif lebih rentan terhadap logika atau humor, dukungan selebriti terutama berfokus pada kekuatan selebriti dan lebih profesional, itu cenderung membuat selebriti berbicara langsung kepada publik "Saya menggunakan mere atau saya merupakan pengunjung tetap di kota tertentu, dan pada dasarnya selebriti berbicara kepada loyalisnya - "Saya menggunakan merek ini dan Anda juga harus".

      Namun, pemasar juga harus berhati-hati dengan reputasi endorser dan harus lebih memilih untuk tetap dengan selebriti yang memiliki citra stabil dan tidak bahwa citra selebriti berubah setiap beberapa minggu. Michael jordan, Sachin Tendulkar dan Michael Schumacher adalah selebritas yang gambarnya stabil dan sulit diubah. Jadi untuk organisasi terkemuka, mereka adalah salah satu pendukung yang paling disukai.

      Jika digunakan dengan tepat, dukungan selebriti dapat membuat strategi pemasaran yang sangat baik dan luar biasa. Yang sedang berkata, selebriti yang tepat harus dipilih siapa yang antusias dengan merek Anda dan secara positif akan mendukung produk Anda dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Strategi Pemasaran Pariwisata (Teory DOT, BAS, POSE)

      Strategi Pemasaran Pariwisata  (Teory DOT, BAS, POSE) Materi : Kapita Selekta Pariwisata STP AMPTA YOGYAKARTA Target ...